Selasa, 26 Juli 2011

Awal Agustus, PSSI Bahas Bentuk Kompetisi Anyar


Minggu pertama bulan Agustus nanti, pecinta sepakbola di Indonesia bakal mendapatkan jawaban dari pertanyaannya terkait format kompetisi musim depan. Pasalnya, PSSI pusat berjanji, di pekan pertama Agustus 2011, mereka akan mengadakan workshop untuk memaparkan format anyar.

Nahkoda baru PSSI, Djohar Arifin Husin mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan beberapa format sebagai pilihan. Sayang Djohar menolak menyebut bentuk kompetisi baru. Menurutnya, bentuk ini harus disempurnakan setelah pertemuan dengan FIFA, AFC serta manajer dan ketua klub sepakbola di Indonesia.

"Model kompetisi belum final. Finalisasinya akan kita bahas bersama manajer atau pemilik klub. Serta AFC dan FIFA," kata Djohar. Rencananya, pertemuan ini akan berbentuk workshop dan dilaksanakan minggu pertama bulan Agustus.

Dalam model kompetisi nanti, Djohar menegaskan, lima aspek syarat sebuah tim profesional, yakni profesional, legal, finansial, infrastruktur, dan supporting harus benar-benar ditegakkan, tidak ada toleransi. Apalagi PSSI sudah mendapat deadline dari FIFA Oktober nanti soal pemenuhan syarat-syarat profesional oleh klub di Indonesia. "Persyaratannya sudah jelas. Lima aspek itu harus dipenuhi. Apalagi Indonesia dapat keampunan dari AFC sampai Oktober. Yang memenuhi baru enam klub," sebut Djohar. Sayang ia menolak untuk menyebut keenam tim itu.

Mantan pemain PSMS ini menambahkan, PSSi bisa saja meneruskan kompetisi dengan format lama. Tapi kalau itu dipaksakan, jelas klub di Indonesia tidak bisa hidup. Oleh karena itu, harus dirumuskan sebuah formula modifikasi yang cocok untuk Indonesia kedepan.

Selain masalah wacana merger antara tim Superliga dengan LPI, salam pembicaraan awal Agustus nanti, juga dibahas masalah tim-tim amatir, sepakbola wanita dan futsal. "Yang penting kompetisi tidak boleh berhenti. Kita mengharapkan dukungan dan doa seluruh masyarakat," pungkasnya.[sya/ted]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resistance Bands, Free Blogger Templates